Kamis, 06 Juni 2013

Pengguna Telkomsel, XL & Indosat Bisa Belanja "Tanpa Uang"

Launching Program transfer uang Lintas Operator
Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengungkap, penetrasi telekomunikasi telah mencapai 120 persen dengan 95 persen dari populasi Indonesia telah tersentuh layanan telekomunikasi. Ini pun dijadikan momentum bagi Telkomsel, XL, dan Indosat untuk meluncurkan Layanan Pengiriman Uang Lintas Operator. 
 
"Cakupan yang hampir menyentuh seluruh populasi di Indonesia disebabkan karena sektor telekomunikasi memiliki keunggulan yang tak terkendala dengan kondisi geografis dan strata penghasilan," paparnya di Gedung Bank Indonesia, Rabu (15/5/2013). 

Alex mengklaim bahwa telekomunikasi bisa menciptakan low cost banking. Jadi, semua elemen masyarakat dapat memiliki akun keuangan dan merasakan kemudahaan dari layanan Uang Elektronik dan turut mengembangkan program Bank Indonesia, less cash society. 

"Uang Elektronik mampu menyediakan akses layanan keuangan termasuk ke masyarakat dengan pendapatan rendah," katanya 

Operator telekomunikasi Indonesia sendiri telah memulai layanan Uang Elektronik sejak 2007, dan disusul jasa pengiriman uang pada 2008. Saat ini, 12,6 juta tercatat menggunakan Uang Elektronik, di mana 6 persen diantaranya aktif menggunakan layanan tersebut. 

"Saat ini, ekosistem, layanan yang terbatas dan minimnya edukasi menjadi kendala utama uang elektronik. Oleh sebab itu, kami (Telkomsel, XL, dan Indosat) melakukan kerjasama," terang Alex. 

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring berharap dengan layanan uang elektronik dapat mendorong visi 2045. Untuk mencapai visi tersebut beberapa sektor, yakni ekonomi, konektivitas, serta sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan manjadi roda pendorong. 

"Diharapkan dengan adanya kerjasama lintas operator ini, aktivitas penggunaan uang elektronik dapat mencapai 50 persen," harap Tifatul. 

Layanan ini memungkinkan pelanggan telekomunikasi yang mencapai 230 juta dapat melakukan pengiriman uang elektronik. Sebagai contoh pengguna layanan Tcash (Telkomsel) bisa melakukan transaksi ke pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat) atau sebaliknya lewat ponsel mereka.

Sumber: http://techno.okezone.com/read/2013/05/15/54/807392/pengguna-telkomsel-xl-indosat-bisa-belanja-tanpa-uangpengguna-telkomsel-xl-indosat-bisa-belanja-tanpa-uang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar